Asesmen Lapangan LAMDIK Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Jakarta, 3 Maret 2023 – Telah dilaksanakan asesmen lapangan untuk akreditasi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Institut PTIQ Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dan dihadiri oleh tim asesor yang terdiri dari dua orang pakar di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Mereka adalah Prof. Dr. Rakimahwati, M.Pd. dari Universitas Negeri Padang dan Dr. Parwoto, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar.

Proses asesmen lapangan dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh rektor Institut PTIQ Jakarta Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A., wakil rektor I Dr. Imam Addaruqutni, M.A., Kabiro Umum Zaini, M.Pd. dan Kabiro Akademik Dr. Made Saihu, M.Pd.I. Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Baeti Rohman, M.A. serta dosen-dosen yang ada di Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta.

Selanjutnya pemaparan presentasi oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) atau Fakultas serta Kepala Program Studi. Mereka memaparkan berbagai hal terkait dengan program studi, seperti kurikulum, metode pembelajaran, fasilitas dan infrastruktur, serta hasil akademik, non-akademik mahasiswa dll. Setelah presentasi, tim asesor menanyakan beberapa hal terkait berkas-berkas pendukung Laporan Evaluasi Diri (LED).

Kegiatan asesmen lapangan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang akurat tentang kualitas program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Institut PTIQ Jakarta. Hasil akhir dari kegiatan asesmen lapangan akan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan akreditasi program studi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Ketua program studi, Dr. Desy Ayuningrum, M.Psi. mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan yang matang untuk menyambut kegiatan asesmen lapangan ini. Dia berharap bahwa program studi yang dipimpinnya dapat meraih akreditasi yang memuaskan.

Prof. Dr. Rakimahwati (Asesor) dan Dr. Parwoto, M.Pd. (Asesor) berfoto bersama Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Baeti Rohman, MA, Dosen-Dosen Fakultas Tarbiyah.

Setelah asesmen hari pertama, rencananya akan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke beberapa fasilitas yang terkait dengan program studi, seperti laboratorium, ruang dosen sampai dengan ruang micro teaching. Peninjauan langsung fasilitas tersebut akan dilaksanakan pada hari kedua (Sabtu, 04/04/2023). Yang akan diakhiri dengan acara ceremony penutupan asesmen lapangan.

Semoga Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini mendapatkan peringkat akreditasi sebagaimana yang diharapkan, amin.

Oleh: Muhamad Ibtissam Han
Kabag IT & Humas Institut PTIQ Jakarta

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these